Aneka Ragam Makalah

BAKAT DAN MINAT | MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
Latar Belakang

Psikologi Pendidikan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan terhadap anan didik dalan situasi pendidikan. Psikologi disebut juga dengan ilmu jiwa. Mempelajari psikologi pendidikan sangat penting apalagi bagi seorang pendidik, guna supaya terciptanya suatu kondisi belajar yang efektif.

Berbicara mengenai psikologi pendidikan sangat luas pembicaraannya. Oleh karena itu dalam makalah ini akan dibatasi pada persoalan-persoalan bakat dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Mengingat hal tersebut sangat berhubungan erat dalam pembentukan pribadi seseorang.

Pengertian Bakat

Menurut M. Ngalim Purwanto dalam bukunya Psikologi Pendidikan disebutkan bahwa kata bakat lebih dekat pengertiannya dengan kata aptitude yang berarti kecakapan pembawaan, yaitu yang mengenai kesanggupan-kesanggupan (potensi-potensi) yang tertentu.[1]

William B. Michael memberi definisi mengenai bakat sebagai berikut :

An aptitude may be defined as a person’s capacity, or hypothetical potential, for acquisition of a certain more or less weeldefined pattern of behavior involved in the performance of a task respect to which the individual has had little or no previous training (Michael, 1960: 59).

Jadi Michael meninjau bakat itu terutama dari segi kemampuan individu untuk melakukan sesuatu tugas, yang sedikit sekali tergantung kepada latihan mengenai hal tersebut.

Woodworth dan Marquis memberikan definisi demikian: “aptitude is predictable achievement and can be measured by specially devised test” (Woodworth dan Marquis, 1957: 58). Bakat (aptitude), oleh Woodworth dan Marquis dimasukkan dalam kemampuan (ability). Menurutnya ability mempunyai tiga arti, yaitu :

Achievement yang merupakan actual ability, yang dapat diukur langsung dengan alat atau tes tertentu.

Capacity yang merupakan potential ability, yang dapat diukur secara tidak langsung dengan melalui pengukuran terhadap kecakapan individu, di mana kecakapan ini berkembang dengan perpaduan antara dasar dengan training yang intensif dan pengalaman. Aptitude, yaitu kualitas yang hanya dapat diungkap/diukur dengan tes khusus yang sengaja dibuat untuk itu.[2] Menurut Guilford bakat itu mencakup tiga dimensi pokok, yaitu :

Dimensi Perseptual

Dimensi perseptual meliputi kemampuan dalam mengadakan persepsi, dan ini meliputi faktor-faktor antara lain :

Kepekaan indera
Perhatian
Orientasi waktu
Luasnya daerah persepsi
Kecepatan persepsi, dan sebagainya.
Dimensi Psiko-motor
Dimensi psiko-motor ini mencakup enam faktor, yaitu :
Faktor kekuatan
Faktor impuls
Faktor kecepatan gerak

Faktor ketelitian/ketepatan, yang terdiri atas dua macam, yaitu :

1) Faktor kecepatan statis, yang menitikberatkan pada posisi.
2) Faktor ketepatan dinamis, yang menitikberatkan pada gerakan.

Faktor koordinasi
Faktor keluwesan (flexibility).
Dimensi Intelektual

Dimensi inilah yang umumnya mendapat penyorotan secara luas, karena memang dimensi inilah yang mempunyai implikasi sangat luas. Dimensi ini meliputi lima faktor, yaitu:

Faktor ingatan, yang mencakup:

1) Faktor ingatan mengenai substansi
2) Faktor ingatan mengenai relasi
3) Faktor ingatan mengenai system

Faktor pengenalan, yang mencakup:

1) Pengenalan terhadap keseluruhan informasi
2) Pengenalan terhadap golongan (kelas)
3) Pengenalan terhadap hubungan-hubungan
4) Pengenalan terhadap bentuk dan struktur
5) Pengenalan terhadap kesimpulan.

Faktor evaluatif, yang meliputi:

1) Evaluasi mengenai identitas
2) Evaluasi mengenai relasi-relasi
3) Evaluasi terhadap system
4) Evaluasi terhadap penting tidaknya problrm (kepekaan terhadap problem yang dihadapi).

Faktor berpikir konvergen, yang meliputi:

1) Faktor untuk menghasilkan nama-nama
2) Faktor untuk menghasilkan hubungan-hubungan
3) Faktor untuk menghasilkan system-sistem
4) Faktor untuk menghasilkan transformasi
5) Faktor untuk menghasilkan implikasi-implikasi yang unik.

Faktor berpikir divergen, yang meliputi:

Faktor untuk menghasilkan unit-unit
Faktor untuk pengalihan kelas-kelas secara spontan
Faktor kelancaran dalam menghasilkan hubungan-hubungan.
Faktor untuk menghasilkan system
Faktor untuk transfomasi divergen
Faktot untuk menyusun bagian-bagian menjadi garis besar atau kerangka. [3]

Dengan sengaja pendapat Guilford ini dikemukakan dengan agak lengkap, tidak karena pendapat tersebut dianggap sebagai satu-satunya pendapat yang benar, akan tetapi berlebih-lebih sebagai ilustrasi untuk menunjukkan betapa rumitnya kualitas manusia yang kita sebut itu.

Mengenali Bakat Seseorang

Menurut sejarahnya usaha pengenalan bakat itu mula-mula terjadi pada bidang kerja (atau jabatan), tetapi kemudian juga dalam bidang pendidikan. Bahwa dewasa ini dalam bidang pendidikanlah usaha yang paling banyak dilakukan. Dalam praktiknya hampir semua ahli yang menyusun tes untuk mengungkap bakat bertolak dari dasar pikiran analisis faktor.

Pemberian nama terhadap jenis-jenis bakat biasanya dilakukan berdasar atas dalam lapangan apa bakat tersebut berfungsi, seperti bakat matematika, bakat bahasa, bakat olah raga, dan sebagainya. Dengan demikian, maka macamnya bakat akan sangat tergantung pada konteks kebudayaan di mana seseorang individu hidup. Mungkin penamaan itu bersangkutan dengan bidang studi, mungkin pula dalam bidang kerja.

Sebenarnya setiap bidang studi atau bidang kerja dibutuhkan lebih dari satu faktor bakat saja. Bermacam-macam fakor mungkin diperlukan berfungsinya untuk suatu lapangan studi atau lapangan kerja tertentu. Suatu contoh misalnya bakat untuk belajar di Fakultas Teknik akan memerlukan berfungsinya faktor-faktor mengenali bilangan, ruang, berpikir abstrak, bahasa, mekanik, dan mungkin masih banyak lagi. Karena tiu ada kecenderungan di antara para ahli sekarang untuk mendasarkan pengukuran bakat itu pada pendapat, bahwa ada setiap individu sebenarnya terdapat semua faktor-faktor yang diperlukan untuk berbagai macam lapangan, hanya dengan kombonasi, konstelasi, dan intensitas yang berbeda-beda. Karena itu biasanya yang dilakukan dalam diagnosis tentang bakat adalah membuat urutan (ranking) mengenai berbagai bakat pada setiap individu.

Prosedur yang biasanya ditempuh adalah :
  • melaksanakan analisis jabatan atau analisis lapangan studi untuk menemukan faktor-faktor apa saja yang diperlukan supaya orang dapat berhasil dalam lapangan tersebut.
  • Dari hasil analisis itu dibuat pencandraan jabatan atau pencandraan lapangan studi.
  • Dari Pencandraan jabatan atau pencandraan lapangan studi itu diketahui persyaratan apa yang harus dipenuhi supaya individu dapat lebih berhasil dalam lapangan tertentu.
Dari persyaratan itu sebagai landasan disusun alat pengungkapan (alat pengungkap bakat), yang biasanya berwujud tes.[4]

Dengan jalan pikiran seperti yang digmbarkan di atas itulah pada umumnya tes bakat itu disusun. Sampai sekarang boleh dikata belum ada tes bakat yang cukup luas daerah pemakainya (seperti misalnya tes inteligensi), berbagai tes bakat yang telah ada seperti misalnya FACT (Flanagan Aptitude Clasification Test) yang disusun oleh Flanagan, DAT dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Kata bakat lebih dekat pengertiannya dengan kata aptitude yang berarti kecakapan pembawaan, yaitu yang mengenai kesanggupan-kesanggupan (potensi-potensi) yang tertentu. Menurut Guilford bakat itu mencakup tiga dimensi pokok, yaitu : Dimensi Perseptual, psiko-motor dan intelektual,

Usaha pengenalan bakat mula-mula terjadi pada bidang kerja (atau jabatan), tetapi kemudian juga dalam bidang pendidikan. Bahwa dewasa ini dalam bidang pendidikanlah usaha yang paling banyak dilakukan. Dalam praktiknya hampir semua ahli yang menyusun tes untuk mengungkap bakat bertolak dari dasar pikiran analisis faktor.



Daftar Pustaka dan Footnote
DAFTAR PUSTAKA





Anastasi, A. Differential Psychology, New York: MacMillan, 1958

Bingham, W Van D. Aptitude and Aptitude Testing, New York: Harper, 1937

Ferguson, G.A. On learning and human ability, Canadian Journal of Psychology, 1954,8, 95-112.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2004.



-----------------

[1] Drs. M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007. hal. 25

[2] Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S., Ph.D., Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2004. hal. 161

[3] Ibid, hal. 163-165

[4] Ibid, hal.167

Jika Anda Tertarik untuk mengcopy Makalah ini, maka secara ikhlas saya mengijinkannya, tapi saya berharap sobat menaruh link saya ya..saya yakin Sobat orang yang baik. selain Makalah BAKAT DAN MINAT | MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN , anda dapat membaca Makalah lainnya di Aneka Ragam Makalah. dan Jika Anda Ingin Berbagi Makalah Anda ke blog saya silahkan anda klik disini.Salam saya Ibrahim Lubis. email :ibrahimstwo0@gmail.com


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved