PENGARUH MEDIA PENGAJARAN BAHASA ARAB - Aneka Ragam Makalah
Mencari...

PENGARUH MEDIA PENGAJARAN BAHASA ARAB

12:47 AM
PENGARUH MEDIA PENGAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs. NU HASYM ASY’ARI 03 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

A. Latar belakang
Bahasa arab merupakan salah satu bahasa asing dan bahasa yang penting di dunia. Karena, Bahasa Arab merupakan bahasa kitab suci al- Qur’an dan merupakan petunjuk bagi umat islam sedunia. Maka, bahasa arab merupakan bahasa yang paling besar signifakannya untuk umat islam sedunia, baik yang berkebangsaan arab maupun tidak.

Bahasa arab mempunyai banyak kelebihan dari bahsa lain, diantaranya jumlah abjadnya yang 28 huruf dengan makharijul huruf yang tidak ada dalam bahasa lain.[1] selain itu kita juga mengenal tentang I’ rab dan perubahan kata yang terdapat dalam ilmu nahwu shorof.

Dari kelebihan-kelebihan tersebut banyak di temukan kerumitan yang menjadikan kesulitan siswa dalam memahaminya. Untuk itu guru sangat berperan penting. Guru adalah orang yang sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Tugas dari guru adalah mengantarkan siswa kepada tujuan yang dicapai.[2] Dalam hal ini yang dimaksud adalah mampu menguasai ilmu Bahasa Arab.

Sebagaimana diketahui bahwa keberhasilan pembelajaran, terutama Bahasa Arab, banyak factor yang mempengaruhinya, tidak hanya guru tetapi ada juga media pembelajaran dan metode pengajaran. Dalam pembelajaran Bahasa Arab, media pembelajaran juga berperan penting. Media adalah alalt yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan sesuatu pesan dan gagasan kepada penerima.[3] Sehingga perlu diketahui bagaimana media pengajaran yang harus diterapkan dan bagaimana pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa.

Media pengajaran merupakan peranan penting dalam pembelajaran. Karena, dengan menggunakan media pengajaran akan memberikan motivasi belajar serta memberikan stimulus kemauan belajar. Seperti yang dikemukakan oleh Dr. Abdul Alim Ibrahim sebagai berikut :

تجلب السرور للتلاميذ وتجدد نشاطهم وتحبب اليهم المدرسة إنها تساعد على تثبيت الحقائق فى اذهان التلاميذ انها تحيد الدرس بما يتطلبه استنمدامها من الحركة والعمل.

Maksudnya, media pengajaran bahasa Arab dapat membangkitkan rasa senang dan gembira siswa, dan memperbaharui semangat mereka, rasa suka hati mereka untuk kesekolah akan timbul, dapat memantapkan pengetahuan pada benak siswa dan dapat menghidupkan pelajaran karena pemakaian media membutuhkan gerak dan karya. [4]

Penerapan media pengajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab memang sangat penting, karena Bahasa Arab mempunyai banyak kerumitan dan membutuhkan daya serap yang tinggi. Selain itu dapat menjadikan keefektifan dalam pembelajaran bahasa arab, sayangnya di zaman sekarang ini tidak banyak guru yang menggunakan media pembelajaran, salah satu di antaranya karena dalam penyediaan media membutuhkan biaya dan waktu yang cukup besar. Padahal guru dapat memanfaatkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran tanpa harus mengeluarkan dan menyita banyak waktu.

Dengan media pelajaran akan mudah diserap oleh siswa tanpa harus melalui proses yang panjang yang dapat menjadikan kejenuhan siswa. Pada hakekatnya persentase banyaknya ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang dimiliki oleh seseorang terbanyak didapat melalui indra penglihatan dan pengalaman yang didapat sendiri, dan selebihnya dari indera pendengaran dan yang lainnya.[5]

Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan harus mempersiapkan sebelum menggunakannya dan suasana ketenangan ketika menggunakannya.

Selain itu media pengajaran yang diterapkan harus disesuaikan dengan kondisi siswa dan sesuai materi yang diajarkan. Dan media yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab tidak hanya satu jenis, karena hal ini dapat menjadikan kejenuhan siswa.

MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus adalah salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Departemen Agama. Disamping itu mengajarkan bidang study agama di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus, juga mengajarkan bidang studi umum, yang di dalamnya yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Karena di bawah naungan Departemen Agama pelajarannya lebih difokuskan pada pelajaran agama terutama Bahasa Arab.

Di samping itu, siswa MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Kudus mempunyai latar belakang yang berbeda-beda ada dari SD dan MI. Siswa dari SD kemungkinan besar akan kesulitan. Meskipun sekarang ini sudah ada pelajaran Bahasa Arab tetapi tidak sejelas yang diajarkan di MI, karena di SD lebih mementingkan bidang study umum. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan siswa SD mempunyai daya serap pelajaran yang tinggi.

Sehubungan dengan masalah di atas penulis mengambil judul “ PENGARUH MEDIA PENGAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs. NU HASYIM ASY'ARI 03 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 ’’


B. Penegasan Istilah

Untuk lebih memperjelas judul di atas penulis memberikan penegasan istilah untuk menghindari kesalah pahaman dalam memahami judul ini. Hal yang perlu dijelaskan adalah :

1. Pengaruh
Pengaruh yaitu daya yang ada atau timbul dari suatu orang, benda yang membentuk suatu perbuatan.[6]Yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang ditimbulkan dari media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa.

2. Media
Media yaitu berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.[7]Yang di maksud di sini adalah alat yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab yang berpengaruh terhadap prestasi siswa.

3. Pembelajaran
Pembelajaran yaitu dari kata dasar belajar yang mendapat imbuhan pe-an yang menunjukkan proses.[8] Pembelajaran yaitu upaya pendidik untuk membantu peserta didik melakukan suatu kegiatan ( belajar).

4. Prestasi
Prestasi adalah hasil yang telah dicapai.[9] Dalam hal ini yang dimaksud adalah hasil yang telah dicapai dari pembelajaran bahasa Arab dengan media yang diterapkan oleh guru.


5. Belajar
Belajar adalah berusaha, berlatih untuk mendapatkan suatu kepandaian.[10]

6. Bahasa Arab
Bahasa Arab adalah bahasa yang dipakai bangsa-bangsa yang tinggi di sekitar sungai Tigris dan Furat, dataran Sinai dan Jazirah Arab yang masih digunakan sekarang ini.[11]Yang dimaksud disini adalah salah satu mata pelajaran di MTs.NU.Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus yang di dalamnya mengajarkan tentang ilmu nahwu shorof.

7. Siswa
Yang dimaksud siswa disini adalah peserta didik yang sekolah di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

C. Identifikasi Masalah

Dari uraian di atas penulis mengidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :

1. Belum adanya media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran bahasa arab di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

2. Sulitnya kemampuan guru dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran Bahasa Arab di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

3. Kurang memuaskannya hasil atau prestasi belajar siswa di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

D. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, penulisan merumuskan permasalahannya sebagai berikut :

1. Bagaimana media pembelajaran bahasa Arab di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2010-2011 ?

2. Bagaimana prestasi belajar Bahasa Arab siswa di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2010-2011?

3. Adakah pengaruh media pengajaran terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2010-2011 ?

E. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, maka tujuan yang melandasi penelitian ini adalah :

1. Untuk mengetahui media pembelajaran Bahasa Arab yang di gunakan di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

2. Untuk mengetahui prestasi belajar bahasa arab siswa di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

3. Untuk mengetahui pengaruh dari media pengajaran terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa di MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

F. Manfaat Penelitian

Dalam penelitian ini mempunyai 2 manfaat yaitu:

1. Manfaat Praktis
Dengan menggunakan media pengajaran, pembelajaran Bahasa Arab akan mudah di serap oleh siswa dan tidak menjadikan kejenuhan yang mampu menghasilkan prestasi yang baik.

2. Manfaat Teoritis
Untuk mengetahui macam-macam media dan cara memilih dan menerapkan media pembelajaran Bahasa Arab yang efektif dalam proses pembelajaran Bahasa Arab dan untuk mencapai prestasi belajar siswa yang baik.

G. Metodologi Penelitian

1. Jenis penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field risearch ) yang bersifat kualitatif. Karena penelitian kualitatif adalah penelitian yang mengarah pada proses data yang detail dan valid dan menggunakan pemahaman konteks secara mendalam dimana fenomena yang di kaji berada sehingga dengan penelitian ini akan mendapatkan data yang detail, bermakna dan lebih luas pemahaman tentang fenomena yang di kaji.

2. Metode Pengumpulan Data
Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik yang dipakai dalam penelitian lapangan. Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan dimana terjadinya permasalahan[12] Metode yang digunakan penulis antara lain :

a. Metode Observasi
Metode observasi biasanya di artikan sebagai pengamatan terhadap fenomena yang diselidiki.[13]Mengenai kegiatan yang diobservasi adalah media pembelajaran yang digunakan di MTs.NU.Hayim asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus dan pengaruhnya tehadap prestasi hasil belajar siswa dan keadaan siswa dan guru- guru di MTs.NU.Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

b. Metode Interview ( wawancara )
Metode interview adalah sebuah dialog yang dilakukan pewawancara untuk mengetahui informasi tentang obyek yang diteliti dari terwawancara.[14]

Metode ini penulis gunakan untuk memperoleh tentang prestasi siswa dalam pelajaran Bahasa Arab serta pengaruh dari keduanya dan untuk memperoleh data-data lain tentang MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

Dalam hal ini penulis hanya mengambil sebagian siswa MTs. NU Hasyim Asy'ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus untuk di interview.

c. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi yaitu suatu cara yang di gunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berupa buku catatan, media elektronik, dan catatan-catatan yang berhubungan dengan penelitian ini.[15]
Metode ini diperoleh untuk memperoleh data tentang struktur guru,siswa dan karyawan, dan media pembelajaran yang digunakan di Mts. Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus.

Daftar Pustaka
  • Adi Gunawan, Kamus Praktis Ilmiah Popular, kartika : Surabaya
  • Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Pustaka Pelajar : Yogyakarta, 2004
  • Cece Widjaya, dkk. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran, Remaja Rosda karya : bandung. 1992
  • Djudju Sudjana S. Strategi Pembelajaran, Falah production : Bandung. 2000
  • Umi machmudah dan Abdul wahab Rosyidi. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Uin-malang press: Malang 2008
  • W.J.S Poerwadarminto. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Yogyakarta. 1989
  • Koentjaraningrat, Metodologi Penelitian Masyarakat, Gramedia: Jakarta, 1981
  • Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta : Jakarta.1997
  • Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta.2002
  • Suharsismi Ari Kunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta: Jakarta. 1993
  • http://aggilnet.blogspot.com/2011/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
-------------------------
[1] Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, UIN Malang Press : Malang, 2008, hal : 7
[2] Cece Wijaya, dkk. Upaya Pembaruan dalam Pendidikan dan Pengajaran, Remaja Rosda Karya, Bandung, 1992. hal : 23
[3] Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Pustaka Pelajar : Yogyakarta, 2004, hal : 75
[4] Ibid, hal : 76
[5] Ibid, hal : 75
[6] W.J.S. Poerwadarminto, Kamus Besar Bahasa Indondonesia, Balai Pustaka, Yogyakarta, 1989, hal : 73
[7] Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi. Op. Cit. hal : 97
[8] Djudju Sudjana S. Strategi Pembelajaran , Falah Production : Bandung, 2000, hal : 6
[9] Adi Gunawan, Kamus Praktis Ilmiah Populer, Kartika : Surabaya
[10] W.J.S. Poerwadaminto. Op.Cit. hal : 108
[11] Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi. Op. Cit. hal : 7
[12] Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta : Jakarta : 1997, hal 125
[13] Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Andi Offset : Yogyakarta. 2002. hal : 136
[14] Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta : Jakarta, 1993, hal : 62
[15] Koentjoroningrat, Metodologi Penelitian Masyarakat, Gramedia : Jakarta, 1981, hal : 63
Ibrahim Lubis

Penulis:

Judul Makalah: PENGARUH MEDIA PENGAJARAN BAHASA ARAB
Semoga Makalah ini memberi manfaat bagi anda, tidak ada maksud apa-apa selain keikhlasan hati untuk membantu anda semua. Jika terdapat kata atau tulisan yang salah, mohon berikan kritik dan saran yang membangun. Jika anda mengcopy dan meletakkannya di blog, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :

0 komentar:

Post a Comment

Berhubung komentar Spam sangat berbahaya, maka saya berharap Sobat untuk tidak berkomentar spam. Jika saya menemukan komentar Sobat mengandung spam atau memasukkan link aktif di kolom komentar, saya akan menghapusnya. terima kasih