Kesalahan Analisis Data Pada Skripsi - Aneka Ragam Makalah
Mencari...

Kesalahan Analisis Data Pada Skripsi

12:00 AM
KESALAHAN ANALISIS DATA PADA SKRIPSI



BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Statistik diartikan sebagai kumpulan data bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram yang menggambarkan suatu persoalan (Sudjana 2005: 2). Sedangkan statistika diartikan sebagai ilmunya. Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan (Sudjana 2005: 3). Disadari atau tidak, statistika sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Statistika sangat penting digunakan dalam bidang teknik, industri, bisnis, ekonomi, astronomi, biologi, kedokteran, asuransi, pertanian, perniagaan, sosiologi, antropologi, pemerintahan, pendidikan, dan sebagainya.

Dunia penelitian atau riset, dimanapun dilakukan, tidak akan terlepas dari masalah statistika. Masalah statistika dapat diselesaikan dengan metode-metode statistik. Dalam dunia perkuliahan, para mahasiswa yang skripsi atau tugas akhirnya berupa studi kasus atau penelitian biasanya menggunakan metode statistika untuk menyelesaikan analisis data skripsi atau tugas akhir.

Mata kuliah mengenai metode statistika tidak hanya diajarkan kepada mahasiswa jurusan matematika saja. Akan tetapi seluruh mahasiswa disemua jurusan diajarkan mata kuliah tersebut. Hanya saja penekanan metode statistika pada mahasiswa jurusan matematika lebih mendalam sehingga pemahaman mereka mengenai statistika lebih paham daripada mahasiswa dari jurusan lain. Akibatnya, jika ditelusuri lebih jauh masih banyak ditemukan skripsi dan tugas akhir mahasiswa non matematika yang analisis datanya masih salah atau kurang benar.

Pada makalah ini akan dibahas kesalahan analisis data dan pembetulan analisis data pada salah satu skripsi yang berjudul “ Pengaruh Penggunaan Modal Kerja dan Tenaga Kerja terhadap Pendapatan Industri Kecil Getuk Goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas”, yang ditulis oleh Ari Wiyatmi (3364981601), Prodi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi tersebut antara lain:
  1. Bagaimana pengaruh penggunaan modal kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas?
  2. Bagaimana pengaruh penggunaan tenaga kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas?
  3. Seberapa besar pengaruh penggunaan modal kerja dan tenaga kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas?


BAB 2 LANDASAN TEORI

Terdapat dua macam teknik statistik inferensial yang dapat digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, yaitu statistik parametris dan statistik nonparametris (Sugiyono 2004: 8).

Statistik parametris lebih banyak digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk interval dan rasio, dengan dilandasi beberapa persyaratan tertentu misalnya data variabel yang akan dianalisis harus berdistribusi normal (Sugiyono 2004: 8). Biasanya sampling yang dilakukan beranggotakan n yang cukup besar (n > 30). Analisis statistik yang terdapat pada statistik parametris misalnya analisis regresi (uji hubungan dan pengaruh antar variabel), uji t (uji perbedaan) dua variabel, dan uji perbedaan data lebih dari dua variabel (Sukestiyarno 2008: 7).

Statistik nonparametris digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk nominal dan ordinal serta tidak dilandasi persyaratan data harus berdistribusi normal (Sugiyono 2004: 8). Analisis nonparametris biasanya lebih tepat jika digunakan pada suatu sampling data ukuran kecil. Analisis statistic yang terdapat pada statistic nonparametris misalnya uji tanda, uji kebebasan chi kuadrat, uji U Mann-whitney, dan sebagainya (Sukestiyarno 2008: 7).

Dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan persoalan atau fenomena yang meliputi lebih dari sebuah variabel. Misalnya, berat orang dewasa laki-laki sampai taraf tertentu bergantung pada tingginya, tekanan semacam gas bergantung pada temperature, hasil produksi padi tergantung pada jumlah pupuk yang digunakan, banyak hujan, cuaca, dan sebagainya.

Jika dipunyai sebuah data yang terdiri dari dua atau lebih variabel maka dapat diketahui hubungan atau pengaruh antar variabel tersebut. Hubungan dan pengaruh yang didapat pada umumnya dinyatakan dalam bentuk persamaan matematik yang menyatakan hubungan fungsional antara variabel-variabel. Studi yang menyangkut masalah ini dikenal dengan analisis regresi linier (Sudjana 2005: 310). Analisis regresi linier juga digunakan untuk meramalkan suatu variabel (variabel dependen) berdasar satu atau beberapa variabel lain (variabel independen) dalam suatu persamaan linier (Trihendradi 2006: 154). Ada dua macam analisis regresi linier yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda.


BAB 3 PEMBAHASAN

3.1 Kesalahan Analisis Data pada Skripsi

Kesalahan analisis data pada skripsi berjudul “Pengaruh Penggunaan Modal Kerja dan Tenaga Kerja terhadap Pendapatan Industri Kecil Getuk Goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas” terletak pada:
  • Tidak terdapat analisis regresi linier sederhana untuk menjawab permasalahan pertama, yaitu pengaruh penggunaan modal kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.
  • Tidak terdapat analisis regresi linier sederhana untuk menjawab permasalahan kedua, yaitu pengaruh penggunaan tenaga kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.
  •  Uji pokok untuk melakukan analisis regresi linier ganda untuk menjawab permasalahan ketiga, yaitu pengaruh penggunaan modal kerja dan tenaga kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas masih kurang, yaitu tidak terdapat uji kelinieran, uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas.

3.2 Pembetulan Analisis Data pada Skripsi

Pembetulan analisis data pada skripsi berjudul “Pengaruh Penggunaan Modal Kerja dan Tenaga Kerja terhadap Pendapatan Industri Kecil Getuk Goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas” adalah sebagai berikut.

(1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modal kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas dilakukan analisis regresi linier sederhana dengan variabel bebasnya adalah modal kerja (X) dan variabel terikatnya adalah pendapatan (Y). Analisisnya dengan SPSS adalah sebagai berikut.

Regression

(a) Uji Kelinieran
Hipotesis:
H0 : Persamaan regresi tidak linier
H1 : Persamaan regresi linier
Berdasarkan output ANOVA diperoleh nilai sig = 0,000 = 0% kurang dari α (5%) atau nilai F hitung = 41,882 lebih dari F tabel = F(1;33;0,05) = 4,139 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi persamaan regresi linier.

(b) Uji Koefisien
Hipotesis:
H0 : Koefisien regresi tidak signifikan
H1 : Koefisien regresi signifikan
Berdasarkan output Coefficients diperoleh nilai sig = 0,000 = 0% kurang dari α (5%) atau nilai T hitung = 6,472 lebih dari T tabel = t(33;0,05) = 1,692 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi koefisien regresi signifikan.
Berdasarkan output Coefficients diperoleh model persamaan regresi linier sederhana:

Berdasarkan output Model Summary diperoleh R Square = 0,559 = 55,9% (nilai pengaruhnya cukup tinggi). Artinya modal kerja mempengaruhi pendapatan sebesar 55,9% dan masih ada pengaruh lain di luar modal kerja sebesar 44,1%.

(2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan tenaga kerja terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas dilakukan analisis regresi linier sederhana dengan variabel bebasnya adalah tenaga kerja (X) dan variabel terikatnya adalah pendapatan (Y). Analisisnya dengan SPSS adalah sebagai berikut.

Regression

(a) Uji Kelinieran
Hipotesis:
H0 : Persamaan regresi tidak linier
H1 : Persamaan regresi linier
Berdasarkan output ANOVA diperoleh nilai sig = 0,000 = 0% kurang dari α (5%) atau nilai F hitung = 46,905 lebih dari F tabel = F(1;33;0,05) = 4,139 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi persamaan regresi linier.
(b) Uji Koefisien
Hipotesis:
H0 : Koefisien regresi tidak signifikan
H1 : Koefisien regresi signifikan
Berdasarkan output Coefficients diperoleh nilai sig = 0,000 = 0% kurang dari α (5%) atau nilai T hitung = 6,849 lebih dari T tabel = t(33;0,05) = 1,692 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi koefisien regresi signifikan.
Berdasarkan output Coefficients diperoleh model persamaan regresi linier sederhana:

Berdasarkan output Model Summary diperoleh R Square = 0,587 = 58,7% (nilai pengaruhnya cukup tinggi). Artinya tenaga kerja mempengaruhi pendapatan sebesar 58,7% dan masih ada pengaruh lain di luar tenaga kerja sebesar 41,3%.
(3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modal kerja dan tenaga kerja secara bersama-sama terhadap pendapatan industri kecil getuk goreng di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas dilakukan analisis regresi linier ganda dengan variabel bebasnya adalah modal kerja (X1) dan tenaga kerja (X2) dan variabel terikatnya adalah pendapatan (Y). Analisisnya dengan SPSS adalah sebagai berikut.
NPar Tests

Regression

Charts

(a) Uji Kelinieran
Hipotesis:
H0 : Persamaan regresi tidak linier
H1 : Persamaan regresi linier
Berdasarkan output ANOVA diperoleh nilai sig = 0,000 = 0% kurang dari α (5%) atau nilai F hitung = 45,526 lebih dari F tabel = F(2;32;0,05) = 3,30 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi persamaan regresi linier.
(b) Uji Koefisien
Hipotesis:
H0 : Koefisien regresi tidak signifikan
H1 : Koefisien regresi signifikan
Berdasarkan output Coefficients diperoleh nilai sig untuk variabel modal kerja = 0,000 = 0% kurang dari α (5%) atau nilai T hitung untuk variabel modal kerja = 4,338 lebih dari T tabel = t(32;0,05) = 1,694 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Sedangkan nilai sig untuk variabel tenaga kerja = 0,000 = 0% kurang dari α (5%) atau nilai T hitung untuk variabel modal kerja = 4,715 lebih dari T tabel = t(32;0,05) = 1,694 maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi koefisien regresi untuk kedua variabel bebas tersebut signifikan.
(c) Uji Normalitas Data
Untuk menguji normalitas ada 2 cara yaitu dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan dengan melihat grafik histograf dari residualnya.
Untuk uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov sebagai berikut :
Hipotesis :
H0 : Variabel adalah normal
H1 : Variabel adalah tidak normal
Dari output NPar Tests diperoleh nilai sig = 0,368 = 36,8% lebih dari α (5%), berarti H0 diterima. Jadi variabel dependen adalah normal.
Berdasarkan output Normal P-Plot of Regression, terlihat data menyebar di sekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis histograf menuju pola distribusi normal, maka model regresi memenuhi asumsi normalitas.

(d) Uji Multikolinieritas
Berdasarkan output Coefficients diperoleh nilai tolerance =0,698 kurang dari 1 dan nilai VIF = 1,433 kurang dari 10. Ini berarti tidak terjadi multikolinieritas.
(e) Uji Autokorelasi
Berdasarkan output Model Summary diperoleh nilai Durbin Watson (DW) = 1,817. Ternyata nilai DW terletak diantara -2 dan 2. Ini berarti tidak terjadi autokorelasi.
(f) Uji Heteroskedastisitas
Pada output Scatterplot terlihat bahwa nilai error bersifat acak terhadap nol. Ini berarti tidak terjadi heteroskedasti.
Berdasarkan output Coefficients diperoleh model persamaan regresi linier ganda:

Berdasarkan output Model Summary diperoleh R Square = 0,740 = 74% (nilai pengaruhnya tinggi). Artinya, modal kerja dan tenaga kerja secara bersama-sama mempengaruhi pendapatan sebesar 74% dan masih ada pengaruh lain di luar modal kerja dan tenaga kerja sebesar 26%.


DAFTAR PUSTAKA

  • Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  • Sugiyono. 2004. Statistik Nonparametris. Bandung: CV Alfabeta.
  • Sukestiyarno. 2008. Workshop Olah Data Penelitian dengan SPSS. Semarang: UNNES.
  • Trihendradi, C. 2006. Langkah Mudah Menguasai Analisis Statistik Menggunakan SPSS 15. Yogyakarta: Andi Offset.


Download Kesalahan Analisis Data Pada Skripsi dalam Format DOC
Ibrahim Lubis

Penulis:

Judul Makalah: Kesalahan Analisis Data Pada Skripsi
Semoga Makalah ini memberi manfaat bagi anda, tidak ada maksud apa-apa selain keikhlasan hati untuk membantu anda semua. Jika terdapat kata atau tulisan yang salah, mohon berikan kritik dan saran yang membangun. Jika anda mengcopy dan meletakkannya di blog, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :

0 komentar:

Post a Comment

Berhubung komentar Spam sangat berbahaya, maka saya berharap Sobat untuk tidak berkomentar spam. Jika saya menemukan komentar Sobat mengandung spam atau memasukkan link aktif di kolom komentar, saya akan menghapusnya. terima kasih