Aneka Ragam Makalah

Makalah Pengaruh Iringan Musik Klasik Dalam Meningkatkan Intelegensi Anak



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Musik klasik bukan semata-mata untuk kesenangan saja, melainkan juga berguna untuk perkembangan anak. Dalam kegiatan belajar musik berfungsi agar otak kanan ikut aktif, karena biasanya yang aktif hanya otak kiri. Jadi intinya perlu adanya keseimbangan fungsi otak kiri dengan otak kanan agar kegiatan yang dilakukan mendapatkan hasil yang optimal. Keseimbangan itu dapat diupayakan melalui aktifitas musik yang konstruktif.

Garace Sudargo (seorang musisi dan pendidik) mengatakan bahwa "dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan olah raga manusia.[1]

Musik dapat diibaratkan seperti oli, membuat sesuatu yang tadinya macet menjadi longgar atau lapang. Dari kelapangan itu muncul kreativitas. Musik bisa menjadi katup pelepas sehingga yang macet-macet itu menjadi lancer.[2]

Kemacetan ini sering terjadi juga dalam pembelajaran. Selama ini pembelajaran selalu dikaitkan dengan perumpamaan, seperti mengumbar itu harus memakai pensil dulu dan lain-lain. Padahal seharusnya tidak demikian. Belajar adalah ekspresi. Dengan menggunakan musik, diharpkan belajar menjadi santai, menyenagkan sehingga mendorong kebebasan berekspresi karena pada dasarnya setres dan tekananlah yang menghambat pembelajaran.[3]


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian

1. Definisi Konsep Variabel X

Variabel X = musik klasik

Musik klasik yaitu aliran musik yang di dalam tubuh manusia, mampu menciptakan kondisi yang dibutuhkan sehingga terjadi kondisi relaksi jiwa yang alamiah.[4]


2. Definisi Konsep Variabel Y

Variabel Y = Intelegensi

Intelegensi yaitu kemampuan atau serangkai kemampuan-kemampuan yang memungkinkan individu memecah masalah, atau pproduik sebagai konsekuensi atau eksistensi suatu budaya tertentu (strenberg, 1997).[5]

B. Hipotesis

Ho: Tidak ada hubungan antara iringan musik klasik dengan intelegensi anak.
Ha: terdapat hubungan antara iringan musik klasik dengan intelegensi.


BAB III
METODE PENELITIAN

A. Jenis Penelitian

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif karena data-data yang diperoleh dalam penelitian itu berupa angka-angka, sehinggga untuk mengetahui data-data tersebut valid atau tidak, perlu diuji dengan mengunakan analisis statistik. Dan format penelitian yang digunakan dalam penelitian itu adalah eksplanasi, eksperimen karena dimaksudkan untuk menggambarkan suatu generalisi atau menjelaskan hubungan sutu variabel dengan variabel yang lainnya. Dengan menggunakan eksdperimen atau treatment-treatment.


B. Definisi Operasional

Variabel X = musik klasik

Musik klasik yaitu musik yang memiliki iram tertur dan nada-nada teratur, bukan nada-nada miring, yang mampu mengubah kekacauan dan deharmoni menjadi keteraturan, harmoni, konsistensi, logika inspirasi dan kegembiraan.

Variabel Y = Intelegensi

Intelegensi yaitu kemampuan-kemampuan khusus yang dimiliki seseorang yang meliputi kemampuan abstraksi, kemampuan mekanika dan kemampuan sosial.


C. Instrumen

Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa tes IQ. Dimana test ini dsiberikan kepada dua kelompok (sampel). Kelompok I adalah kelompok yang dites tanpa diberi iringan musik klasik sebelumnya. Sedangkan kelompok II adalah kelompok yang sebelum dites telah diberikan iringan musik klasik dengan wqaktu yang telah ditentukan.

Hasil dari kedua sampel tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik, sehingga dapat diketahui apakah terdapat hubungan antara musik klasik dengan intelegensi atau tidak.



DAFTAR PUSTAKA
  • Merritt, Stephane, Simfoni Ota, kaifa. Bandung. 1996.
  • Shofia, T. Interpersonal Intelegensi, Amara Book, Yogyakarta: 2005.
____________________
[1] http // eduloka.wordpress.com/2008/08/01/pengaruh musik-pada anak/
[2] Merritt, Stephane, Simfoni Ota, kaifa. Bandung. 1996. hal.1
[3] Ibid, hal 43
[4] Ibid hal 75
[5] Shofia, T. Interpersonal Intelegensi, Amara Book, (Yogyakarta: 2005). hal 20


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved